ChiOS Siap Gantikan Windows

4.19.2011

Penggunaan sistem operasi Cimahi Open Source (ChiOS) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi baru mencapai 25 persen. Dari sekitar tiga ratus unit komputer yang ada, baru 75 unit yang sudah menggunakan ChiOS sebagai sistem operasi menggantikan Windows yang notabene paling sering digunakan masyarakat.

Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan, dan Pengolahan Data Elektronik (KAPPDE) Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Hadi mengatakan, pada 2010, sebenarnya ditargetkan sekitar 50 persen komputer yang digunakan pegawai dan pejabat Pemerintah Kota Cimahi sudah bisa menggunakan ChiOS sebagai sistem operasi. "Namun, ada kendala keterbatasan pengetahuan pengguna. Mereka masih perlu pendampingan, jadi harus bertahap," katanya saat ditemui Minggu (9/1).

Untuk itu, pada 2011 ini, kata Hadi, mereka menargetkan pada akhir tahun seluruh komputer yang digunakan di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi sudah menggunakan sistem operasi ChiOS beserta seluruh aplikasi turunannya yang masuk dalam kategori legal.

Hadi mengakui, saat ini, sebagian besar komputer di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi masih menggunakan sistem operasi dan aplikasi berbasis Windows. Namun, Hadi tidak menampik jika kemungkinan di antara sekian banyak sistem operasi dan aplikasi berbasis Windows tersebut, lisensinya ada yang masih ilegal.
Hal tersebut, kata Hadi, tidak terlepas dari proses pengadaan komputer yang sudah dibeli dalam satu paket bersama sistem operasi dan aplikasinya dari toko. "Saat itu, tidak ada yang tahu bahwa si penjual memberikan sistem operasi dan aplikasi dengan lisensi resmi atau ilegal," tuturnya.

Berhemat
Hadi berharap, dengan adanya sistem operasi ChiOS, legalisasi sistem operasi dan aplikasi komputer di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi bisa segera terwujud tanpa perlu dukungan biaya yang besar. Pasalnya, Linux memang tersebar dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membeli lisensi.
Pemilihan sistem operasi itu tentunya lebih murah ketimbang harus membeli lisensi Windows yang cukup mahal. Seperti diketahui, harga satu lisensi Windows XP saja dapat mencapai angka lebih dari Rp 1 juta dan hanya bisa digunakan di beberapa komputer. Dengan jumlah komputer sekitar tiga ratus unit, tentunya Pemerintah Kota Cimahi harus mengeluarkan dana tidak sedikit hanya untuk upaya legalisasi sistem operasi komputer.

Terkait masih kurangnya pemahaman pegawai Pemkot Cimahi terhadap penggunaan sistem operasi selain Windows, Hadi mengatakan, proses pendampingan dan pelatihan akan terus dilakukan terhadap para pegawai di lingkungan pemerintah kota. 

"Untuk 2011, selain mengganti sistem operasi pada komputer jajaran pemkot yang masih memakai Windows dengan ChiOS, para penggunanya juga akan kami beri pelatihan yang lebih intensif agar dapat menggunakannya dengan optimal," katanya menjelaskan. (A-178)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Informasi Penting

Langganan

Ikuti Saya di Facebook

Ikuti Saya di Twitter

Follow saya di Twitter

Paling Sering Dibaca

Tags

Android (10) Android Apps (3) Andromax U (1) Antivirus (2) Ayodance (10) Bahasa Assembler (1) Bisnis (1) Blogger Tips (8) CCA (4) Cloud Computing (1) CSS (2) Custom ROM (1) Desain (7) Desktop (1) Download (31) E-Book (3) Emulator (1) Facebook (8) Forum (1) FOSS (8) Freebies (1) Gadget (1) Galaxy Y (4) Games (14) Google+ (2) Hacking (2) Hardware (1) HTML (3) Info (6) Info Seminar (1) Internet (14) iPhone (1) ISO (4) Java (1) Jual Beli (2) KLuC (3) Komputer (9) Kupon Udemy (1) Lain-Lain (4) Linux (7) Marketing (1) News (17) OOT (1) PCMedia (2) PHP (6) Programming (7) Project (1) Pump It Up (2) Software (6) Stepmania (2) Tips Trik (25) Tutorial (14) Twitter (1) Ubuntu (11) UKM (1) Web 2.0 (3) Windows (10) Wine (2)